Hindari Botox dan Filler saat Hamil dan Menyusui

Hai para bumil dan busui...
Mama fatih mau share tentang botox dan filler nih kalau ada yang belum tau silahkan dibaca yah ☺

Pada saat kehamilan, setiap Moms pasti tetap ingin terlihat cantik, karena hormon saat kehamilan bisa menimbulkan beberapa masalah kulit, terutama di wajah. Hal ini bisa membuat Moms merasa tidak percaya diri, tapi hati-hati yah Moms untuk pemilihan perawatan dan skincare saat hamil.

Tahukah Moms saat kehamilan kita tidak boleh sembarangan untuk memakai perawatan wajah dan tubuh? Semua harus dikonsultasikan dengan dokter yah Moms, karena Moms harus tetap menjaga kesehatan janin dalam pemilihan produk untuk perawatan wajah dan tubuh jangan sampai menggagu tumbuh kembang dan membahayakan sang janin.




Suntik botox dan filler merupakan salah satu cara untuk mengatasi kerutan, flek hitam dan munculnya garis-garis halus di wajah. Cara ini banyak dilakukan wanita untuk mempercantik penampilan dan agar terlihat awet muda, tetapi ini bisa cukup membahayakan untuk ibu hamil, khususnya janin yang di dalam kandungan karena protein yang dihasikan oleh bakteri Clostridium botulinum, mengandung racun dari bakteri yang sama yang menyebabkan botulisme atau keracunan serius.

Meski belum ada pernyataan pasti bahwa botox dan filler berbahaya bagi ibu hamil, Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency di Inggris (yang setara BPOM di Indonesia), menyarankan agar ibu hamil tidak melakukan suntik botox dan filler.

Berbagai efek samping yang bisa dialami setelah suntik botox dan filler yaitu:


  • Menimbulkan reaksi alergi seperti ruam dan gatal
  • Sakit kepala
  • Sakit leher atau punggung
  • Otot kaku
  • Lemah otot di beberapa bagian tubuh
  • Kesulitan menelan
  • Sesak napas
  • Mual
  • Diare
  • Sakit perut
  • Hilang selera makan





Apakah Moms tetap ingin melakukan suntik botox dan filler setelah mengtahui resiko dan efek sampingnya?
Sebaiknya jangan yah Moms, memakai produk alami akan lebih baik untuk kesehatan Moms dan janin. Seperti yang saya lakukan saat hamil, yakni perawatan dengan menggunakan masker timun dan masker putih telur yang berkhasiat mengurangi jerawat dan mengencangkan kulit secara alami.

Selain alami, perawatan ini juga sehat, murah meriah, dan mudah didapat loh Moms. Masih banyak lagi perawatan wajah yang alami yang bisa dilakukan. Semangat yah Moms demi kesehatan dan tumbuh kembang janin!
Semoga bermanfaat ☺.

Komentar

  1. Waah baru tau kalau bumil sebaiknya ga melakukan botox dan filler. Makasih sharingnya mom 👌 mudah2an bisa mencerahkan moms lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mom, kalau bisa di undur dulu waktunya kalau mau botox dan filler pas sedang tidak hamil dan selesai menyusui selama 2 th ☺

      Hapus
  2. Waaah info yg bermanfaat bgt nih.. thanks mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berguna yah mom terima kasih sudah membaca ☺

      Hapus
  3. Thank you informasinya mom.. 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makin Sehat dan Bugar NgeGYM Dengan Fasilitas Lengkap di OSBOND GYM

Skin Care Alami dari Adorée Paris

Cegah Gigi Berlubang dengan Pasta Gigi Kandungan Siwak dari Sasha