Yuk Kenali Jenis Protein Susu Sapi A2 dan Manfaatnya untuk Anak


Assalamualaikum....

Hai Hai Parents....

Membahas tentang Gizi pada Anak memang tidak Ada Habisnya yah, tentu dong karena sebagai Orang Tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya , terlebih sekarang zamannya para Mama Millenial yang selalu Up to Date tentang Gizi mulai dari apa saja Nutrisi yang harus di berikan untuk melengkapi tumbuh Kembang si Kecil  Apalagi tentang Susu , karena sekarang banyak sekali bertebaran informasi dan merk Susu Baru yang bermunculan , sehingga para mama millenial ini selalu ingin tahu apa sih kelebihan dan perbedaan dari setiap susu tersebut , dengan cara membaca artikel di Social Media atau mengikuti live Talkshow seperti yang aku lakukan.




Mengulik Tentang Tumbuh Kembang Anak dan membahas apa perbedaan Susu Sapi A2 dengan susu lainnya serta mengenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya untuk Anak,  yang aku saksikan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 live di Intagram @BummiPlayscape, Dengan Narasumber DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) (dokter anak, konsultan gastroenterologi)




Moms, pada produk susu yang sering dikonsumsi anak, pada umumnya dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sang Anak. 

Biasanya Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi anak untuk tumbuh kembangnya. Walaupun semua susu terlihat sama, namun tahukan moms kalau susu memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Protein susu terdiri dari 2 jenis, whey dan casein.



DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) (dokter anak, konsultan gastroenterologi memparkan Casein adalah kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 82% dari total kandungan protein dalam susu. Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein. Beta-casein terdiri hingga 45% dari total casein. Beta-casein sendiri memiliki beberapa varian, yaitu A1 dan A2.

Nah komposisi pada Susu A2 merupakan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 aman untuk sistem pencernaan. Beta-casein A2 yang mudah diserap dalam sistem pencernaan anak, dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan ringan. Selain itu Kandungan protein ini sama seperti human milk sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh dan susu A2 ini juga bisa mengatasi rasa mual atau kembung karena berbeda dengan susu biasanya.



Apakah semua susu mengandung protein yang sama?

Dr.Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjawab Tidak. Ada 2 jenis protein susu: whey dan casein. Komposisi kedua kandungan ini tidak sama dalam setiap susu. Namun normalnya, casein menjadi kandungan terbanyak dalam susu. Casein sendiri terdiri dari beberapa jenis, tetapi yang paling terkenal adalah beta casein. Beta-casein sendiri dibagi lagi menjadi beta-casein A1 dan beta-casein A2. Kandungan ini terdapat dalam susu yang diproduksi oleh jenis sapi yang berbeda. Ada jenis sapi yang menghasilkan susu A1 dan A2; dan ada pula sapi yang hanya menghasilkan susu A2 saja. Beta-casein A2 hanya terdapat dalam susu A2 yang diproduksi oleh sapi A2, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak semua protein susu itu sama.




Apakah anak yang mempunyai alergi ringan dengan susu sapi dapat mengkonsumsi susu A2?

Secara garis besar, alergi protein susu sapi disebabkan oleh saluran cerna yang belum matang, sehingga seorang anak yang mempunyai alergi protein susu sapi tidak bisa mengkonsumsi susu sapi (dairy product) dan turunannya. Namun biasanya sekitar 70% anak yang sudah mencapai usia 1 tahun sudah tidak alergi lagi, dan sekitar 90% akan hilang di usia 3 tahun ketika saluran cernanya sudah mulai matang. (Penjelasan) Dr.Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

Selain bagus untuk pencernaan berikut beberapa Manfaat dari Protein Susu Sapi A2 diantaranya : Menunjang pertumbuhan dan memperkuat tulang, Membantu memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan oleh tubuh, Mengandung yodium yang merupakan komponen integral dari tiroksin dan hormon triidothyronine, Kalium untuk kontraksi otot dan transmisi saraf, Sumber terbaik potasium yang efektif mencegah pembetukan batu ginjal, dan menjaga kinerja kerja ginjal tetap maksimal, Mengandung riboflavin atau Vitamin B2 yang berfungsi untuk memaksimalkan produksi energi dan melindungi sistem kardiovaskular, Mengandung Vitamin B12 yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, mencegah anemia dan memaksimalkan perkembangan sel saraf, Mengandung Vitamin A yang baik untuk pertumbuhan jaringan epitel mukosa, untuk melindungi tubuh dari racun dan mikro organisme yang berbahaya bagi tubuh.




Moms,Penting Sekali pada masa Golden Periode atau Masa pertumbuhan tercepat seorang anak adalah 1000 hari pertama kehidupannya, mulai dari masa kehamilan sampai saat anak mulai menginjak masa balita, Pada masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi berperan penting untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif .

Namun pada periode ini, anak juga rentan mengalami gangguan pencernaan. Padahal, sistem pencernaan berurusan dengan penerimaan makanan dan mempersiapkannya untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Tahukah Moms kalau Pencernaan yang baik akan mendukung tumbuh kembang anak yang sehat. Gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak dalam masa pertumbuhannya dapat menyebabkan penyerapan nutrisi yang tidak optimal, sehingga dapat mengganggu perkembangan anak dan proses belajarnya.




Untuk itu kita para moms harus pandai memilah dan memilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan Anak, jika mencari susu untuk anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan, maka agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal sebaiknya perhatikan juga kandungan tambahan yang terdapat dalam suatu produk, seperti memilih produk Susu yang dilengkapi dengan kandungan seperti DHA, Kolin ataupun Omega 3 & 6 untuk mendukung perkembangan otak anak, sehingga Terpenuhi semua Asupan Nutrisi yang di butuhkan Anak.

Demi pertumbuhan anak yang maximal untuk masa depan yang Cemerlang , sudah seharusnya kita sebagai orang tua memberikan Asupan yang lengkap dan seimbang dan tidak ada usaha yang sia-sia karena Allah maha mengetahui setiap proses yang kita jalani, semoga Bermanfaat

Wassalamu’alaikum...

Salam 

Rika Handayani @rikaruzain 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makin Sehat dan Bugar NgeGYM Dengan Fasilitas Lengkap di OSBOND GYM

Skin Care Alami dari Adorée Paris

Cegah Gigi Berlubang dengan Pasta Gigi Kandungan Siwak dari Sasha