Asiknya Bicara Pengelolaan Keuangan di Webinar Ngopi bareng Bang Amar

 Assalamualaikum...


Hai Hai... Apa kabar teman - teman

Kali ini aku menulis artikel yang cukup menarik karena aku akan membahas Tentang Mengelola Keuangan dan Solusi mengatasi permasalahan Keuangan gimana temen – temen apakah sekarang sedang mengalami masalah keuangan / bingung mengelolah keuangan atau keuangannya sudah baik dan sehat ?

karena khususnya untuk diriku ini adalah hal yang sangat penting apalagi bila sudah berkeluarga , aku sebagai seorang Ibu juga banyak peran dalam pengelolaan uang dalam rumah tangga, karena semua harus terencana dan bijak dalam pengelolaannya demi mencapai keuangan yang sehat ,

Apalagi dimasa pandemi seperti ini sebagai seorang istri dan ibu aku lebih memutar otak untuk mengelola penghasilan yang menurun dibandingkan saat sebelum pandemi, Nah berikut adalah paparan Informasi yang aku dapat dari zoom webinar ngopi bareng Bank Amar dengan Narasumber Bpk.Aidil Akbar Madjid, MBA, MNLP, CBA, CFE, CFP, CH, CHt, RIFA, RFC Perencana Keuangan Senior dan Ibu Ghaida Nuris Tsara (Part Tunaiku) yang di selenggarakan pada hari minggu 20 Maret 2021.



BIJAK MENGELOLA KEUANGAN

Aidil Akbar Madjid, MBA, MNLP, CBA, CFE, CFP, CH, CHt, RIFA, RFCP PerencanaKeuangan Senior




Hal yang Terpenting dalam Perencanaan Keuangan yaitu pisahkan antara keuangan Keluarga dan Keuangan Usaha 


Keuangan Keluarga

• Sehat secara keuangan

• Bisa membedakan kebutuhan vs keinginan

• Menabung

• Berinvestasi

• Apabila punya usaha, keuangan terpisah


Keuangan Usaha

• Terpisah dari keuangan keluarga

• Bisa menentukan biaya

• Bisa menentukan harga jual

• Bisa membayar cicilan (bila ada)

• Bisa mengatur cash flow keuangan




Financial Check Up apa saja aset dan hutang dalam keuangan 

• Hutang

• Kekayaan Bersih & Networth

• Dana Darurat

• Asuransi

• Investasi


Selain Berkerja bisa juga mendapat Income Lebih diantaranya dengan Penghasilan Tambahan dari Kerja Tambahan dan Buka Usaha

Nah yang ingin melakukan Pinjaman sebaiknya Hati-hati dengan Pinjaman Online karena banyak sekali korban dari Pinjol ini dengan iming -iming Dana Cepat Cair 

Berikut yang harus diketahui saat ingin pinjam online : 

• Terpercaya

•  Reputable

• Terdaftar Di OJK

• Ada di Platform (google playstore / ios)

• Hati-hati pinjol 



Dan berikut merupakan Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Pinjaman 

• Terpercaya & Reputable

• Terdaftar Di OJK

• Limit relative besar

• Cicilan bisa panjang

• Jaminan?

• Bunga kompetitive

• Ada Aplikasi (online) di Platform 

• (google playstore / ios)



Kemudahan Pinjaman di Era Digital

• Pakai aplikasi

• Lebih mudah

• Tidak ribet

• Relative lebih cepat

• Contactless




Solusi Mengatasi Permasalahan Keuangan

By Ghaida Nuris Tsara


Tahukah Kamu?

Tingkat partisipasi perempuan Indonesia di bidang kewirausahaan tertinggi di Asia Tenggara. Katadata: Survei: Banyak Perempuan Ingin Berwirausaha, 83% Butuh Kursus Online,

Dan salah satunya adalah aku yang sekarang ikut membantu keuangan keluarga dengan usaha jualan online , karena sekarang semua serba online dan serba praktis aku pun tidak ingin ketinggalan zaman , selain itu juga banyak kelebihan dari jualan online salah satunya tidak harus membayar sewa tempat/usaha karena semua bisa dilakukan dirumah dan waktunya pun fleksibel jadi memang sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak aktivitas.


Nah Apa saja sih, hambatan memulai usaha sendiri?

- Bingung / Tidak tahu mulai dari mana 

- Kurangnya  kepercayaan diri

- Modal belum ada



Ini Dia Solusi Mengatasi Permasalahan Keuangan Tersebut salah satunya adalah dengan Tunaiku

Tunaiku adalah sebuah platform pinjaman digital, tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. 

Yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal. 


Apa saja Keunggulan dari Tunaiku 

- Jumlah Pinjaman 2.000.000 – 20.000.000

- Interest Bunga Pinjaman3-4% Flat /Perbulannya 

- Biaya Administrasi Rp 540.000 (sudah dimasukkan ke cicilan bulanan)


Cara Pengajuan Pinjaman Di Tunaiku













Apa saja Persyaratan / Cara Mengajukan Pinjaman di Tunaiku : 

-Usia 21 – 55 Tahun 

- Warga Negara Indonesia

- Memiliki Pekerjaan /Penghasilan

- Hanya KTP Tanpa Jaminan 

- Tinggal & Bekerja di wilayah cakupan Tunaiku



Nah temen – temen selain Meminjam uang kalian bisa juga mendapat tambahan modal / keuangan dengan cara Program Referral Tunaiku

Program Referral adalah bagian dari program Tunaiku Amar Bank yang memberikan Kesempatan untuk siapa saja agar dapat menjadi pemberi referensi pinjaman Tunaiku. 

Agen Referral Tunaiku akan mendapat komisi setiap bulan sesuai dengan skema program Referral yang diikuti.

Selain mendapatkan komisi dari Tunaiku, kamu akan memiliki banyak kenalan baru yaitu para nasabahmu dan juga anggota Referral lainnya.


Kewajiban Agen Referral Tunaiku :


1. Menginformasikan tentang Tunaiku secara benar.

2. Membantu proses pendaftaran nasabah jika diperlukan.

3. Tidak berbuat curang atau menyalahgunakan status Referral seperti: Mengambil “uang formulir” mengatasnamakan Tunaiku, memberikan informasi yang salah mengenai Pembayaran, menghilangkan nama Tunaiku dari proses Referral, mengatasnamakan nasabah yang tidak Mengajukan aplikasi, dan sebagainya.

4. Apabila Referral memiliki Social Media dengan tujuan untuk mempromosikan kode Referralnya maka format nama Social Medianya harus : ReferralTunaiku_kode referral 

5. Memberikan edukasi kepada para nasabah terkait pengecekan status pinjaman secara benar.

6. Membantu menginformasikan cara pembayaran cicilan yang benar.

7. Membantu mengingatkan pembayaran cicilan dengan kesadaran pribadi.

8. Referral BUKAN tim marketing dari Tunaiku, melainkan para pemberi referensi yang terdaftar dan aktif.


Cara Gabung Refferal di Tunaiku : 

Admin-referral@amarbank.co.id

https://partner.tunaiku.com/


Nah gimana temen – temen sudah sekarang sudah tahukan solusi permasalan keuangan kalian bisa dengan Tunaiku yuks mulai perencaan keuangan kalian dengan baik dan sehat .

Kalian bisa Download aplikasi Tunaiku di Playstore atau bisa langsung klik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app




Terima Kasih sudah mau membaca 

Semoga Bermanfaat


Wassalamu’alaikum...

Salam 

Rika Handayani

IG : @Rikaruzain










Komentar

  1. Menarik nih kak. Selain dapat modal bisa juga nambah pendapatan.
    Btw thanks atas sharingnya ya, aku termasuk rada susah ngatur keuangan soalnya..wkkw

    BalasHapus
  2. memang ya ma, yang paling susah ini adalah membedaka mana keinginan dN mana kebutuhan, bener2 harus ada rem dr diri kita sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mom suka susah ngerem kalau keinginan

      Hapus
  3. Kepepet dan harus pinjaman online tetap harus pilih yang bagus yang terdaftar ojk sehingga kalau ada masalah bisa mengadu

    BalasHapus
  4. Aku juga ikut nih webinarnya. Bagus ya mba topiknya dan jadi keinget lagi harus banget yang namanya ketat dalam mengelola uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget yah mba , materinya juga bagus banget

      Hapus
  5. penjelasan tetang kelola keuangan itu jadi seru banget, apalagi kalo sudah berumah tangga, berasa jadi melek banget. Thankyou for sharing kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama ka semoga bermanfaat

      Hapus
  6. dari baca ini jadi tahu kalau hutang pun ada yang baik dan yang buruk dan baru tersadar memang sudah seharusnya menggunakan kartu kredit sesuai dengan budget agar tidak menambah hutang, thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba harus diperhitungkan matang" saat menggunakan kartu kredit

      Hapus
  7. Membedakan keinginan dan kebutuhan nih yang masih suka susah huhu
    Terima kasih penjelasannya mbak, seru banget baca tentang pengelolaan keuangan, sambil baca jadi sambil belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba emang kalau keinginan harus ditahan tahan biar ga boncos 😁

      Hapus
  8. TUh kan kayaknya bukan hanya aku saja yang Kadang agak susah nih untuk membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Hahahah. Tapi insyaAllah dengan berjalan waktu jadi ngeh

    BalasHapus
  9. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya rugi sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000 ,. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat tujuan. Perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00
    Baik ibu, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tuhan yang baik dalam hidup saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada orang Indonesia lainnya, bahwa banyak penipu di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany @ gmail. com
    Anda masih dapat menghubungi ibu nomor WhatsApp +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  10. Kita tuh butuh banget loh ilmu pengelolaan keuangan, apalagi sebagai menteri keuangan di keluarga hehehe. Karena kadang suka bingung kemana larinya uang, tahu-tahu udah habis aja, padahal perasaan hidup biasa-biasa aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba emang harus banget belajar tentang keuangan

      Hapus
  11. Materinya menarik banget. Tapi menurutku utang untuk usaha jangan dari lembaga keuangan deh. Karena kalau usaha buntung, dikejar2 itu payah. Mending untuk kepentingan pribadi aja tapi jangan gede2, sesuaikan kemampuan. :D

    BalasHapus
  12. Di masa pandemi belajar kelola keuangan harus itu, acaranya juga seru bangeet

    BalasHapus
  13. Aku udah ngikutin Bang Aidil sejak Ngaturduit.. sekarang ternyata masih eksis ya sharing soal finplan

    BalasHapus
  14. berarti keuanganku sehat dong ya, soalnya selain punya dana investasi juga aku bisa nabung, kami juga punya hutang di kredit KPR tapi Alhamdulillah bisa teratasi sih :D

    BalasHapus
  15. Aku tuh suka susah bngt buat ngerem keinginan buat shopping makanya perlu bnyak belajar buat pengelolaan keuangan yang baik nih

    BalasHapus
  16. Suka banget kalo baca artikel atau ikut acara yang bahas soal keuangan, jadi makin nambah ilmu. Secara kalo soal keuangan tuh lumayan gampang gampang susah ngelola nya hehe..

    BalasHapus
  17. aku salah fokus sama gelar mas Aidil Akbar ini. Heu. Panjang banget yaa. memang kalau soal perencanaan keuangan lumayan bikin puyeng untuk meposkan masing-masing pengeluarannya. apalagi kalau pendapatannya berkurang

    BalasHapus
  18. Aku juga perlu banget nih belajar tentang pengelolaan keuangan lebih baik lagiii. Baru denger juga nih tentang bank amar dan tunaiku, makasi sharingnya ya mam..

    BalasHapus
  19. Nama: Malik
    Negara: Indonesia
    Jenis Kelamin.: Pria
    Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
    WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
    Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


    DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
    ____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

    email:((m7472736@gmail.com))


    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makin Sehat dan Bugar NgeGYM Dengan Fasilitas Lengkap di OSBOND GYM

Skin Care Alami dari Adorée Paris